PEMBINAAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN LOYALITAS DI SMP NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Saputri, Al Finna Dwi (2023) PEMBINAAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN LOYALITAS DI SMP NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AL FINNA DWI SAPUTRI 23010190088 PAI .pdf

Download (3MB)
[img] Text
AL FINNA DWI SAPUTRI 23010190088 PAI .pdf

Download (3MB)
[img] Text
AL FINNA DWI SAPUTRI 23010190088 PAI .pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui: 1) Pembinaan Karakter Profil Pelajar Pancasila; 2) Pembinaan Karakter Loyalitas; 3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter profil pelajar pancasila dan loyalitas di SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan kondisi secara objektif dan subjektif. Sumber data yang diperoleh berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 16 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Guru PAI, Guru Pendidikan Pancasila, Guru BK dan 10 siswa yang terdiri dari 5 siswa dan 5 siswi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa di SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang: 1) Pembinaan karakter profil pelajar pancasila dilakukan melalui kegiatan (a) kegiatan intrakurikuler yang kegiatannya berada dalam kegiatan pembelajaran; (b) kegiatan kokurikuler dikemas dalam kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema berbeda setiap pertemuan; (c) pembiasaan budaya sekolah seperti penerapan 3S, Upacara bendera, tadarus Qur’an, literasi, pembacaan Asmaul Husna, kegiatan sabtu bersih/sehat dan salat dhuhur berjama’ah; (d) kegiatan ekstrakurikuler. 2) Pembinaan karakter loyalitas siswa dapat dibina dengan sikap (a) Taat pada peraturan; (b) Bertanggung Jawab; (c) Kemauan bekerja sama; (d) melibatkan siswa dengan kegiatan di sekolah sehingga siswa merasa memiliki; (e) memberikan pelayanan kepada siswa agar memiliki kesukaan terhadap instansi. 3) Faktor pendukung dalam pembinaan karakter profil pelajar pancasila dan loyalitas yaitu dengan memiliki SDM yang baik, terjalinnya hubungan baik antara pihak sekolah dengan orang tua, pemberian apresiasi kepada siswa dan adanya pendampingan kepada siswa yang kurang maksimal. Sedangkan pada faktor penghambatnya yaitu, lokasi sekolah dan kurangnya kepedulian orang tua kepada putra-putrinya yang disebabkan oleh kesibukan orang tua dan keluarga yang tidak utuh dan masih ada siswa yang memiliki kesadaran rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 18:06
Last Modified: 27 Oct 2023 18:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18731

Actions (login required)

View Item View Item