PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN SIKAP ALTRUISTIK PADA SISWA SMA NEGERI 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

KHAMIYATUN, NUR (2023) PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN SIKAP ALTRUISTIK PADA SISWA SMA NEGERI 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NUR KHAMIYATUN FIKSS SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khamiyatun, Nur. 2023. Pembinaan Kedisiplinan Beribadah dan Sikap Alturistik Pada Siswa SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: pembinaan; kedisiplinan beribadah; sikap altruistik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pembinaan kedisiplinan beribadah dan sikap altruistik, faktor pendukung pembinaan kedisiplinan beribadah dan sikap altruistik, serta faktor penghambat kedisiplinan beribadah dan sikap altruistik, hasil pembinaan kedisiplinan beribadah dan sikap altruistik pada siswa SMA Negeri 1 Tuntang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif deskriptif. Data yang didapat bersumber dari data primer yang berasal dari wawancara dengan waka kurikulum, guru PAI, guru BK, dan siswa, serta data sekunder yang berupa hasil observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembinaan kedisiplinan beribadah dan sikap altruistik dalam menumbuhkan sikap mandiri, disiplin, tanggung jawab, teratur dan terarah, rasa peduli sosial, rasa empati dan simpati dengan memberikan keteladanan pada siswa serta memberikan pembiasaan-pembiasaan keagamaan dan sosial di sekolah 2) faktor pendukungnya: dukungan keluarga, kualitas pendidik, pengaruh teman serta lingkungan, sarana prasarana yang memadai dan kegiatan-kegiatan keagamaan serta sosial yang dilakukan di sekolah 3) faktor penghambatnya: rasa malas siswa, keadaan siswa, pengaruh teman dan lingkungan, dan siswa yang lebih kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 18:24
Last Modified: 27 Oct 2023 18:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item View Item