PENGARUH KEBIJAKAN UTANG DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2017-2022

NURANISA, FEBRIANA DIAN (2023) PENGARUH KEBIJAKAN UTANG DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2017-2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FEBRIANA DIAN NURANISA (63010160044) PERBANKAN SYARIAH S1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FEBRIANA DIAN NURANISA (63010160044) PERBANKAN SYARIAH S1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kebijakan utang dan pertumbuhan aset terhadap kinerja keuangan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan bank umum sariah. Sampel yang digunakan yaitu bank umum syariah yang terdaftar di OJK serta menggunakan teknik pengambilan purposive sampling dengan jumlah 54 dari 9 bank. Metode analisis data yang digunakan diantaranya uji stasioneritas, uji model regresi data panel, uji asumsi klasik, uji statistik, dan uji MRA. Hasil Uji F menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan variabel kebijakan utang berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, variabel pertumbuhan aset berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan dan variabel kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap ukuran perusahaan. Dari hasil uji regrsi moderasi menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan hanya dapat memoderasi pengaruh pertumbuhan aset, sedangkan variabel kebijakan utang tidak dapat dimoderasi terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 19:35
Last Modified: 27 Oct 2023 19:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18735

Actions (login required)

View Item View Item