ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SALATIGA TAHUN 2023

Khusna, Atika Mazala (2023) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
atika mazala.pdf

Download (6MB)
[img] Text
atika mazala.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat. Jenis penelitian ini mengikuti desain metodologi deskriptif, karena peneliti menghasilkan data berupa gambar dan angka yang menggambarkan kepuasan masyarakat setempat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk layanan di kementerian agama kota Salatiga yaitu: Standar Pelayanan Permohonan Rohaniwan, Standar Pelayanan Permohonan Rekomendasi Kartu Izin Tinggal, Standar Pelayanan Permohonan Rekomendasi Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA)/Rencana Penggunaan Tenaga Asing (RPTKA)/Dana Pengembangan Keahlian Dan Keterampilan (DPKK), Standar Pelayanan Permohonan Legalisasi Dokumen, Standar Pelayanan Permohonan Kegiatan (Audiensi/ Konsultasi/ Penelitian/ PraktekKerjaLapangan), Standar Pelayanan Permohonan Pengukuran Arah Kiblat, Standar Pelayanan Permohonan Rekomendasi, Standar Pelayanan Permohonan Data Keagamaan Islam, Standar Pelayanan Permohonan Ijin Operasional Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Tingkat Ulya. Serta berdasarkan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat yang mengacu pada KEPMENPAN Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004, maka diperoleh angka indeks sebesar 71,83 yang berada pada interval 62,51 – 81,25, sehingga kualitas pelayanan publik berada pada tingkat “B”. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan Kantor Kementerian Agama Salatiga pada tahun 2023 secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik, sesuai dengan aspek kepuasan pelayanan yaitu keadilan dengan nilai IKM 70,00, tanggung jawab dengan nilai IKM 75,75, Kemampuanpetugaspelayanan dengan nilai IKM 75,25, dan Prosedurpelayanan dengan nilai IKM 75,50.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 19:48
Last Modified: 27 Oct 2023 19:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18737

Actions (login required)

View Item View Item