ANALISIS SENTIMEN PADA KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP FENOMENA CHILDFREE DI INDONESIA (STUDI KASUS AKUN YOUTUBE ANALISA CHANNEL DAN ADI HIDAYAT OFFICIAL)

RIZKI, SEPTI ALLYA (2023) ANALISIS SENTIMEN PADA KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP FENOMENA CHILDFREE DI INDONESIA (STUDI KASUS AKUN YOUTUBE ANALISA CHANNEL DAN ADI HIDAYAT OFFICIAL). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Septi Allya Rizki KPI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Septi Allya Rizki KPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecanggihan media komunikasi kini mampu memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam menyampaikan tanggapan, baik langsung atau tidak langsung melalui media sosial secara online. Salah satu media sosial yang dimanfaatkan dalam menyampaikan tanggapan para penggunanya yaitu Youtube melalui kolom komentar yang disediakan pada setiap konten video. Penelitian ini mencoba melakukan analisa sentimen menggunakan data komentar Youtube pada video milik Analisa Channel “Analisa Widyaningrum” dan Adi Hidayat Official tentang fenomena childfree. Komentar tersebut kemudian dianalisis menggunakan sentimen analisis model klasifikasi RoBERTa Base Indonesia atau IndoBERT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya audiens yang menyatakan mendukung childfree pada akun Analisa Channel “Analisa Widyaningrum” sebanyak 18% dan Adi Hidayat Official 14%, menolak childfree 56% dalam Analisa Channel “Analisa Widyaningrum”, dan 67% Adi Hidayat Official, serta netral yakni 26% pada Analisa Channel “Analisa Widyaningrum” dan 19% Adi Hidayat Official. Komentar yang mendukung childfree yang paling banyak ditulis antara lain dengan alasan masalah psikologis medis, ekonomi, pribadi, filosofis, dan lingkungan hidup, sedangkan komentar yang menolak childfree paling banyak muncul dengan alasan kepercayaan atau ajaran dan anjuran agama seseorang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 20:23
Last Modified: 27 Oct 2023 20:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item View Item