PEMBINAAN SIKAP ISTIQOMAH DAN TANGGUNG JAWAB PADA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN API AL RIYADLOH KESONGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

CHOTIMAH, CHUSNUL (2023) PEMBINAAN SIKAP ISTIQOMAH DAN TANGGUNG JAWAB PADA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN API AL RIYADLOH KESONGO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
CHUSNUL CHOTIMAH.23010160033.PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pembinaan sikap istiqomah pada santri putri Pondok Pesantren API Al Riyadloh Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, 2) untuk mengetahui pembinaan sikap tanggung jawab pada santri putri Pondok Pesantren API Al Riyadloh Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan sikap istiqomah dan tanggung jawab pada santri putri Pondok Pesantren API Al Riyadloh Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu pengasuh, pengurus, dan santri, serta sumber sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pelaksanaan pembinaan sikap istiqomah pada santri putri Pondok Pesantren API Al Riyadloh meliputi melaksanakan sholat berjamaah dan mujahadah bersama ba’da sholat Maghrib. Metode yang digunakan dalam pembinaan sikap istiqomah pada santri putri yaitu metode keteladanan, pembiasaan dan nasehat (mau’izhah), 2) pelaksanaan pembinaan sikap tanggung jawab pada santri putri Pondok Pesantren API Al Riyadloh meliputi kegiatan sehari-hari seperti piket masak dan piket bersih-bersih lingkungan. Metode yang digunakan dalam pembinaan sikap tanggung jawab pada santri putri yaitu metode keteladanan dan pembiasaan, 3) Faktor pendukung dalam pembinaan sikap istiqomah dan tanggung jawab pada santri putri Pondok Pesantren API Al Riyadloh yaitu peran aktif pengasuh Pondok Pesantren, adanya kinerja pengurus yang baik, adaya interaksi antara pengasuh dan pengurus, adanya semangat dari santri, serta sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan sikap istiqomah dan tanggung jawab pada santri putri yaitu: perilaku santri yang susah diatur, sifat malas santri, kurangnya kesadaran masing-masing santri dan inventaris pondok yang hilang atau rusak dikarenakan kecerobohan santri yang kurang berhati-hati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 20:31
Last Modified: 27 Oct 2023 20:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18743

Actions (login required)

View Item View Item