PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TERAPI SHALAT DHUHA UNTUK MENGATASI STRES BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG

Melawati, Ita (2023) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TERAPI SHALAT DHUHA UNTUK MENGATASI STRES BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ITA FIKS1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ITA FIKS1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ITA FIKS1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ITA FIKS1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ITA FIKS1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ITA FIKS1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ITA FIKS1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melawati, Ita. 2023. Penerapan Konseling Kelompok melalui Terapi Shalat Dhuha untuk Mengatasi Stres Belajar pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidkan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata kunci : Konseling Kelompok, Shalat Dhuha, Stres Belajar, Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran stres belajar siswa kelas XI, mendeskripsikan pelaksanaan terapi shalat dhuha untuk mengatasi stres belajar pada siswa kelas XI menggunakan penerapan konseling kelompok, dan menguji efektifitas terapi shalat dhuha untuk mengatasi stres belajar pada siswa kelas XI menggunakaan penerapan konseling kelompok di SMA Negeri 1 Tengaran. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pretest- posttest one-group design. Seluruh siswa kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 34 orang merupakan populasi penelitian. Dengan jumlah sampel 8 orang, metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala stres belajar. Data yang terkumpul kemudian diuji dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan gambaran stres belajar siswa kelas XI yaitu tingkat stres belajar siswa dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu kategori rendah terdapat 2 siswa, kategori sedang 24 siswa, dan kategori tinggi terdapat 8 siswa. Pelaksanaan terapi shalat dhuha untuk mengatasi stres belajar pada siswa menggunakan penerapan konseling kelompok yaitu dilakukan dengan 2 kali treatment, tretament yang pertama peneliti menjelaskan pengertian dan tujuan konseling kelompok, memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan pengertian stres belajar, kemudian menyelesaikan masalah siswa yang berkaitan dengan stres belajar satu-persatu kemudian diakhiri dengan pemberian tugas kepada siswa membuat jadwal kegiatan sehari-hari guna memanagement waktu belajar dan bermain siswa. Kemudian treatment pada hari kedua peneliti meminta siswa untuk melakukan terapi shalat dhuha kemudian diakhiri dengan menceritakan salah satu kisah orang yang rutin melaksanakan shalat dhuha. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan konseling kelompok dengan terapi shalat dhuha efektif untuk menurunkan stres belajar siswa hal ini dibuktikan dengan nilai-t 5.004 dan sig. (2-tailed) sebesar 0,02 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 20:31
Last Modified: 27 Oct 2023 20:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item View Item