Representasi dan Resistensi Feminisme dalam Film 'Ashifah Ramliyah (Sand Storm) Karya Elite Zexer (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Fadlika, Hasanta Diva (2023) Representasi dan Resistensi Feminisme dalam Film 'Ashifah Ramliyah (Sand Storm) Karya Elite Zexer (Analisis Semiotika Roland Barthes). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi cetak_Hasanta Diva-compressed.pdf

Download (991kB)
[img] Text
skripsi cetak_Hasanta Diva-compressed.pdf

Download (991kB)
[img] Text
skripsi cetak_Hasanta Diva-compressed.pdf

Download (991kB)
[img] Text
skripsi cetak_Hasanta Diva-compressed.pdf

Download (991kB)

Abstract

ABSTRAK Hasanta Diva Fadlika. Representasi dan Resistensi Feminisme dalam Film ‘Ashīfah Ramliyah (Sand Storm) Karya Elite Zexer (Analisis Semiotika Roland Barthes. Skripsi. Salatiga: Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, UIN Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk representasi dan resistensi feminisme dalam film ‘Ashīfah Ramliyah (Sand Storm) Karya Elite Zexer. Film ‘Ashīfah Ramliyah (Sand Storm) merupakan film yang mengangkat cerita tentang perjuangan seorang perempuan di lingkungan yang masih sangat terikat dengan budaya patriarki. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori semiotika dalam perspektif Roland Barthes yang mengkaji tanda melalui analisa makna denotatif, konotatif, dan mitos. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa ada 7 dialog yang merepresentasikan bentuk dukungan terhadap feminism yaitu adanya dukungan bagi wanita untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, perjuangan seorang wanita untuk mendapatkan haknya dalam memilih pasangan dan juga memperjuangkan keputusannya dalam melawan perjodohan yang dipaksakan oleh orang tuanya, dan 5 dialog yang menggambarkan resistensi terhadap feminism, bentuk-bentuk resistensi dari feminisme dalam film ini menurut teori resistensi yang dikemukakan oleh Jande yaitu adanya kelompok orang yang tidak paham bahwa perubahan merupakan sesuatu yang baik, kelompok orang yang terikat dengan adat kebiasaan atau nilai-nilai lama, dan kelompok orang yang sudah memiliki alokasi sumber daya dan sudah mapan akan kekuasaan. Kata Kunci : Semiotika, Representasi, Resistensi, Feminisme

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 20:35
Last Modified: 27 Oct 2023 20:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18745

Actions (login required)

View Item View Item