PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DENGAN PENERAPAN ETNOBOTANI MENGGUNAKAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR DI MI MA’ARIF ROWOBONI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Annisa, Nava' (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DENGAN PENERAPAN ETNOBOTANI MENGGUNAKAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR DI MI MA’ARIF ROWOBONI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NAVA' ANNISA 23040190110.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa, Nava’ 2023. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya dengan Penerapan Etnobotani Menggunakan Metode Jelajah Alam Sekitar di MI Ma’arif Rowoboni Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universita Islam Negri Salatiga. Dosen Pembimbing: Rini Verary Shanthi, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Etnobotani, Jelajah Alam Sekitar (JAS). Penelitiannini bertujuannuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan penerapan etnobotani menggunakan metodenJelajah Alam Sekitar (JAS) di MI Ma’arif Rowoboni Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakannjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus masing-masing siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Rowoboni pada materi IPA tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Jumlah siswa kelas IV MI Ma’arif Rowoboni adalah 12 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-lali dan 5 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan etnobotani menggunakan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV MI Ma’arif Rowoboni tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra siklus sebelum menerapkan entobotani menggunakan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) hanya 4 (33%) siswa yang tuntas. Selanjutnya pada siklus I ada 7 (58%) siswa yang tuntas. Kemudian, pada siklus II ada 10 (83%) siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan siswa pada siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 80% dengan nilai 70 (KKM). Oleh karena itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan siklus dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 21:39
Last Modified: 27 Oct 2023 21:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18752

Actions (login required)

View Item View Item