Enilla, Tita Risme (2023) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA BAGI REMAJA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI DESA GUNUNG TUMPENG KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI TITA RISME ENILLA 23010170082 PAI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi pendidikan agama Islam dalam keluarga bagi remaja, 2) Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan agama Islam, 3) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan agama Islam, dan 4) Upaya orang tua dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dalam keluarga bagi remaja di Desa Gunung Tumpeng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini meliputi orang tua (tokoh agama dan tokoh masyarakat) dan remaja di Desa Gunung Tumpeng. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber agar mendapatkan data yang benar-benar valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan agama Islam dalam keluarga bagi remaja di Desa Gunung Tumpeng menggunakan strategi meliputi: peneladanan, nasihat, pembiasaan, reward dan sanksi, disiplin beribadah, mengikuti kegiatan keagamaan, sekolah di lembaga pendidikan agama baik lembaga formal (madrasah) maupun non-formal (pondok pesantren, diniyah, TPQ), mengikuti program ekstrakurikuler seperti tahfidz dan BTQ, mengikuti organisasi keagamaan di masyarakat yaitu IPNU/IPPNU, mengikuti kegiatan keagamaan, dan membaca buku-buku keagamaan. 2) Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan agama Islam diantaranya: penyalahgunaan teknologi/gadget, pergaulan, kurangnya kesadaran beribadah, dan kurangnya perhatian orang tua. 3) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga bagi remaja seperti: peran orang tua, dan peran anggota keluarga. 4) Upaya orang tua dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dalam keluarga seperti: pemberian contoh, perhatian, nasihat, pembiasaan, dan mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 23:57 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 23:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18754 |
Actions (login required)
View Item |