PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA BUATAN (HAND MADE 2D/3D) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII MTs AMAL SHOLEH GETASAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

husna, Huliyatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA BUATAN (HAND MADE 2D/3D) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII MTs AMAL SHOLEH GETASAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HULIYATUL HUSNA_23060190044 REVISI SIDANG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HULIYATUL HUSNA_23060190044 REVISI SIDANG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HULIYATUL HUSNA_23060190044 REVISI SIDANG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HULIYATUL HUSNA_23060190044 REVISI SIDANG.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HULIYATUL HUSNA_23060190044 REVISI SIDANG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan hasil belajar peserta didik materi sistem ekskresi manusia dan untuk mngetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media buatan (Hand-Made 2D/3D) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Amal Sholeh Getasan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental menggunakan desain one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Amal Sholeh Getasan dan hanya diambil satu sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan teknik purpossive sampling. Dengan jumlah sampel 21 peserta didik. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan adanya keberhasilan belajar peserta didik pada kelas VIII A materi sistem ekskresi manusia diperoleh perbedaan rata- rata hasil belajar peserta didik pada nilai pretest 63,52% dan rata-rata nilai posttest sebesar 83,90% pada kelompok eksperimen yang dianalisis menggunakan program SPSS 21.0 uji ttest maka diperoleh nilai thitung adalah 6.662 > ttabel 2,086 dan Pvalue 0,000>0,05 sehingga bisa disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji korelasi sebesar 0.492 dengan nilai Sig. sebesar 0,023 < 0,05 antara dua variabel. Hasil regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,023 dengan persamaan regresi sebagai Y=66,703+0,263X. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) dan media buatan (Hand Made 2D/3D) berpengaruh secara signifikan untuk melihat berapa persen pengaruh dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sistem ekskresi manusia. Hal ini juga diperkuat dengan hasil lembar observasi memiliki presentase sebesar 66,6% dari kriteria ideal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2023 05:56
Last Modified: 28 Oct 2023 05:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18759

Actions (login required)

View Item View Item