PENGARUH PEMBIAYAAN DAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN NON PERFORMING FINANCING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2022)

Amalina, Rizqiyah (2023) PENGARUH PEMBIAYAAN DAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN NON PERFORMING FINANCING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rizqiyah Amalina (Perbankan Syariah).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rizqiyah Amalina (Perbankan Syariah).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rizqiyah Amalina (Perbankan Syariah).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rizqiyah Amalina (Perbankan Syariah).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan adanya isu perkembangan perbankan syariah mengalami peningkatan. Dalam hal ini didukung dengan pertumbuhan aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), serta pembiayaan industri perbankan yang terus tumbuh positif meskipun di masa pandemi COVID-19 dan NPF tergolong rendah sebesar 2,55% dan ROA sebesar 1,95%. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh NPF sebagai variabel moderasi dalam hubungan pembiayaan (mudharabah, musyarakah, dan murabahah) terhadap profitabilitas (ROA). Penelitian ini menggunakan Sharia Enterprise Theory dan bersifat kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui website resmi bank sampel. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berasal dari laporan keuangan bank sampel penelitian periode 2016-2022 di Indonesia yang diolah menggunakan Eviews 12. Penelitian ini menggunakan 6 bank yang sesuai dengan kriteria penelitian sebagai sampel dengan hasil penelitian pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah tidak berpengaruh terhadap ROA, ICG dan NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Selanjutnya pada variabel NPF mampu memoderasi pembiayaan mudharabah dan ICG terhadap ROA, tetapi tidak mampu memoderasi pembiayaan musyarakah dan murabahah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2023 03:29
Last Modified: 29 Oct 2023 03:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18764

Actions (login required)

View Item View Item