PEMBINAAN BUDAYA RELIGIUS DAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK ISLAMIC BOARDING SCHOOL MAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

ARLINDASARI, PUTRI (2023) PEMBINAAN BUDAYA RELIGIUS DAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK ISLAMIC BOARDING SCHOOL MAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI ARLINDA S_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI ARLINDA S_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI ARLINDA S_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI ARLINDA S_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI ARLINDA S_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRPSI PUTRI ARLINDA S_PAI (FINAL).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRPSI PUTRI ARLINDA S_PAI (FINAL).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan menjawab pertanyaan yang peneliti temukan yakni 1). Untuk mengetahui pembinaan budaya religius pada peserta didik Islamic Boarding School MAN Temanggung. 2) Untuk mengetahui pembinaan sikap integritas pada peserta didik Islamic Boarding School MAN Temanggung. 3). Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan budaya religius dan sikap integritas pada peserta didik Islamic Boarding School MAN Temanggung. Menggunakan metode penelitian kulalitatif deskriptif, metode penelitian yang digunakan yakni field research (penelitian lapangan), sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder, prosedur pengumpuulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan trianggulasi teknik. Temuan penelitian pembinaan budaya religius melalui pembiasaan menciptakan suasana religius, internalisasi nilai keislaman, dan keteladanan dalam bertindak sesuai ajaran agama oleh pembina dan pengurus harian, serta diadakannya program bakti sosial. Adapun bentuk mencapai pembinaan sikap integritas dengan pembinaan oleh pengelola Islamic Boarding School kepada wali murid, pembuatan peraturan dan tata tertib, serta diadakan perekrutan kepengurusan. Dibalik sukesesnya pembinaan budaya religius dan sikap integritas, terdapat faktor pendukung yakni adanya sarana dan prasarana yang mendukung, keteladanan dari pembina dan pengurus, dan adanya satu kesatuan yang saling mendukung antara pihak Madrasah dengan pihak Islamic Boarding School. Disamping itu ada faktor penghambat yakni monotonnya strategi dalam proses pembinaan, persepsi yang berbeda antara sistem Islamic Boarding School dengan wali murid, latar belakang anak yang berbeda, dan motivasi anak masuk Islamic Boarding School yang masih dasar paksaan orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2023 19:33
Last Modified: 29 Oct 2023 19:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18765

Actions (login required)

View Item View Item