PEMBINAAN IKHLAS BERIBADAH DAN SIKAP KOMITMEN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HASAN DI DUSUN BANYU PUTIH TIMUR DESA SIDOREJO LOR KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2023

khoeriyah, Ummi (2023) PEMBINAAN IKHLAS BERIBADAH DAN SIKAP KOMITMEN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HASAN DI DUSUN BANYU PUTIH TIMUR DESA SIDOREJO LOR KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UMMI KHOERIYAH 23010190259.pdf

Download (3MB)
[img] Text
UMMI KHOERIYAH 23010190259.pdf

Download (3MB)
[img] Text
UMMI KHOERIYAH 23010190259.pdf

Download (3MB)
[img] Text
UMMI KHOERIYAH 23010190259.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui pembinaan ikhlas beribadah pada santri. (2) Untuk mengetahui pembinaan sikap komitmen pada santri. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat ikhlas beribadah dan sikap komitmen pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan Salatiga Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif karena data dan hasil penelitian diperoleh berdasarkan deskripsi peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus putra, pengurus putri, santri putra, dan santri putri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan ikhlas beribadah pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan yaitu melalui berbagai metode seperti metode keteladanan, pembiasaan, hukuman. Bentuk kegiatan yang berkaitan dengan ikhlas beribadahُdiُpondokُsepertiُpembiasaanُshalatُberjama’ah,ُmengaji Al-Qur’an,ُdziba’an,ُkhitobah,ُmengajiُkitab Mabadi Fiqh. (2) Pembinaan sikap komitmen pada santri di Pondok Pesantren Al-Hasan yaitu melalui berbagai metode seperti metode keteladanan, memberi perhatian, pembiasaan, dan hukuman. Bentuk kegiatan yang berkaitanُdenganُsikapُkomitmenُyaituُkegiatanُMOSBA,ُshalatُberjama’ah,ُmengajiُkitab MasailulُNisa’. (3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan ikhlas beribadah dan sikap komitmen yaitu dari faktor internal, ekternal, pendidik, dan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2023 23:57
Last Modified: 29 Oct 2023 23:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item View Item