Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Peradaban Masyarakat Arab Sebelum Islam Melalui metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Kelas X IPA 2 MAN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

Nugraha, Eky Cahya (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Peradaban Masyarakat Arab Sebelum Islam Melalui metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Kelas X IPA 2 MAN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Eky Cahya Nugraha 111-13-084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Eky Cahya Nugraha. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Peradaban Masyarakat Arab Sebelum Islam Melalui metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Kelas X IPA 2 MAN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci : Hasil belajar, perdaban masyarakat Arab sebelum Islam, metode teams games turnament. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan materi Peradaban Bangsa Arab Sebelum Islam, hal ini dikarenakan rendahnya nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran ini serta penggunaan metode oleh guru yang masih menggunakan mtode ceramah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Teams Games Turnament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan metode Teams Games Turnament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Peradaban Masyarakat Arab Sebelum Islam Kelas X IPA 2 MAN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018?. Permasalahan tersebut dibahas melalui metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan di kelas X IPA 2 MAN 1 Boyolali. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Teams Games Turnament (TGT) dapat meningatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan hasil sebagai berikut: prosentase keluluasan siswa pra PTK adalah 61,53 %, siklus I 74,35 % dan siklus II 89,74%. Kenaikan prosentase kelulusan siswa pra PTK ke Siklus I adalah 12,82% sementara kenaikan prosentase kelulusan siswa pada siklus I ke siklus II adalah 15,39%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:32
Last Modified: 02 Nov 2017 04:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item