HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SANTRI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’ANIY JOMBOR KABUPATEN SEMARANG

Eviliana, Kare (2023) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SANTRI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’ANIY JOMBOR KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KARE EVILIANA_43040180132_SKRIPSI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui variasi kontrol diri padai santri pengguna e-commerce shopee di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Jombor Semarang, (2) Untuk mengetahui variasi perilaku konsumtif pada santri pengguna e-commerce shopee di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Jombor Semarang, (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif pada santri pengguna e-commerce shopee di Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Jombor Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Nurul Qur’aniy Jombor Semarang berjumlah 109 orang santri, pengambilan sample menggunakan Teknik purposive sampling dengan kriteria santri yang menggunakan aplikasi e-commerce shopee berjumlah 50 orang santri. Pengumpulan data yang digunakan adalah skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif yang disusun sendiri oleh penulis. Tekniki analisis data dalam penelitian ini yaitu Teknik korelasi product moment dengan menggunakan bantuan alat hitung SPSS for windows 26. Sebelum dilakukan uji analisis, penulis terlebih dahulu melakukani uji normalitasi dan uji ilinieritas. Hasil dalam penelitiani ini didapatkan bahwa (1) Variasi kontrol diri pada santri pengguna e-commerce shopee di Pondok Pesantren Nuruli Qur’aniy Jombor Semarang memiliki kategori rendah, sedang, tinggi. Dari 50 responden yang menjadi sampel penelitian ini terdapat 1 (2%) santri dengan kategori kontrol diri rendah dan 46 (92%) santri dengan kontrol diri sedang, dan 3 (6%) santri dengan kategori kontrol diri tinggi. (2) Variasi perilaku konsumtif pada santri pengguna e-commerce shopee di Pondok Pesantreni Nuruli Qur’aniy Jombor Semarangi memiliki kategori rendah, sedang, tinggi. Dari 50 responden yang menjadi sampel penelitian ini terdapat 8 (16%) santri dengan kategori perilaku konsumtif rendah dan 26 (52%) santri dengan perilaku konsumtif sedang, dan 16 (32%) santri dengan kategori perilaku konsumtif tinggi. (3) Hubungani antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif pada santri pengguna e-commerce shopee di Pondoki Pesantren Nurul Qur’aniyi Jombor Semarang setelah dilakukan uji hipotesis maka diperoleh nilai signifikansii sebesar 0.000 < 0,05 maka dinyatakan terdapat hubungan antara dua variabel tersebut. Berdasarkan nilai r hitung diperoleh nilai sebesar -0,504 maka kriteria hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mempunyai hubungan negatif yang sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 13:59
Last Modified: 30 Oct 2023 13:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18774

Actions (login required)

View Item View Item