PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Dani, Lathif Maulid (2023) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI SIDANG FIKS DANI_compressed (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
REVISI SIDANG FIKS DANI_compressed (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
REVISI SIDANG FIKS DANI_compressed (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
REVISI SIDANG FIKS DANI_compressed (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
REVISI SIDANG FIKS DANI_compressed (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Dani, Lathif Maulid. 2023. Penguatan Pendidikan Karakter Religius dan Kemandirian Belajar pada Siswa di SMP Islam Terpadu Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: Penguatan, Pendidikan, Karakter, Religius, Kemandirian Belajar Penelitian ini bertujuan:1). Untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter religius pada siswa 2). Untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter kemandirian belajar pada siswa 3). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penguatan pendidikan karakter religius pada siswa 4). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penguatan pendidikan karakter kemandirian belajar pada siswa di SMP Islam Terpadu Nidaul Hikmah Salatiga. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Sumber data primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini. Bermacam-macam informasi dibantu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi digunakan untuk menentukan keabsahan data. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukkan:1) penguatan pendidikan karakter religius pada siswa SMPIT melalui pembiasaan berbasis kultur sekolah seperti sholat jamaah, sholat dhuha, tadarus/tahfid, membaca doa ketika akan memulai belajar dan selsai belajar, mengucapkan salam, kultum, dan memperingati hari besar islam. Melalui bimbingan pribadi islami (BPI). Melalui keteladanan. Melalui implementasi pembelajaran. Melalui penilaian. 2). Penguatan pendidikan karakter kemandirian belajar pada siswa di SMPIT dengan menerapkan boarding class, market day dan pengabdian kepada masyarakat/live in. 3). Faktor pendukung dan penghambat karakter religius pada siswa di SMPIT yaitu: dukungan penuh dari guru dan orang tua, diri siswa yang memiliki semangat tinggi untuk mengikuti rangkaian kegiatan sekolah, dan budaya sekolah. Faktor penghambat karakter kemandirian belajar pada siswa di SMPIT yaitu: latar belakang siswa yang berbeda, peran orang tua, dan guru. 4). Faktor pendukung dan penghambat karakter kemandirian belajar pada siswa SMPIT yaitu: semangat dan motivasi guru, siswa yang disiplin dan tata tertib. Faktor penghambat karakter kemandirian belajar yaitu: latar belakang siswa, kurangnya kesadaran siswa, dan orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 16:21
Last Modified: 30 Oct 2023 16:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18784

Actions (login required)

View Item View Item