UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERJUANGAN DAKWAH RASULULLAH DI MADINAH DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMT DIVISION (STAD) DAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN 2 SMK BHAKTI NUSANTARA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

RIF'ATI, TSANIA (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERJUANGAN DAKWAH RASULULLAH DI MADINAH DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMT DIVISION (STAD) DAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN 2 SMK BHAKTI NUSANTARA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Tsania cetak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI Tsania cetak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Perjuanga Dakwah Rasulullah di Madinah dengan mengkolaborasikan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Media Game Edukasi Quizizz Pada siswa kelas X Keperawatan 2 SMK Bhakti Nusantara Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 peserta didik yang seluruhnya adalah perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tangan 15 Mei-22 Mei 2023.Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulka data yaitu lembar tes berupa quizizz setiap siklus, lembar observasi pendidikdan lembar observasi pesertadidik. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi.teknik pengumpulan data kemempuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa tes pilihan ganda menggunakan quizizz. Seangkan aktivitas belajar siswa melalui lembar obsevasi aktivitas belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui ketercapaian nilaiKBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Media Game Edukasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa.pada siklus I diperoeh siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 60% dan 8 siswa atau 40% jumlah siswa yang tidak tuntas. pada siklus II siswa tuntas sebanyak 18 siswa atau 90% dan 2 siswa yang belum tuntas atau 10 %. Berdasarkan hasil penelitia dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Media Game Edukasi Quizizz materi Perjuangan Dakwah rasulullah di Madinah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Keperawatan 2 SMK Bhakti Nusantara Salatiga Tahun Ajaran2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 16:27
Last Modified: 30 Oct 2023 16:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item