EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2023/2024

Khairunnisa, Nabila Hasna (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nabila Hasna Khairunnisa_23070190040.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Team Game Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga dan diperoleh sampel kelas VIII A dan VIII D yang berjumlah 57 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji normalitas dan homogenitas, lalu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test dan uji independent sample t test. Hasil uji analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil uji paired sample t test pertama diperoleh nilai sig. 2-tailed 0,000 dengan nilai thitung > ttabel (34,034 >2,0555) dianalisis menurut kriteria penarikan keputusan H0 ditolak dan H1 diterima dengan arti model kooperatif tipe jigsaw efektif diterapkan terhadap kemampuan pemecahan masalah. Selanjutnya pada uji paired sampel t test kedua juga diperoleh nilai sig. 2-tailed 0,000 dengan nilai thitung > ttabel (17,216 > 2,0452) dianalisis menurut kriteria penarikan keputusan H0 ditolak dan H1 diterima dengan arti model kooperatif tipe TGT efektif diterapkan terhadap kemampuan pemecahan masalah. Dilanjutkan dengan uji independent sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,011 dengan nilai thitung = 2,627 dan ttabel = 2,0040 . dengan rata-rata eksperimen (jigsaw) sebesar 81.0 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol (TGT) sebesar 7,57, Model jigsaw juga memiliki waktu yang lebih banyak dan pemahaman yang lebih mendalam karena dipelajari secara berulang daripada model pembelajaran TGT. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 16:49
Last Modified: 30 Oct 2023 16:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18793

Actions (login required)

View Item View Item