PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTU MEDIA POSTER MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

, ITSNA INDAH AMALIA (2023) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE BERBANTU MEDIA POSTER MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ITSNA INDAH AMALIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Amalia, Itsna Indah. 2023. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi “Everyone Is A Teacher Here” Berbantu Media Poster Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Islamiyah Kauman Kidul Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Setiorini Rahma Safitri, M.Pd Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, strategi “Everyone Is A Teacher Here” Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas V MI Islamiyah Kauman Kidul Salatiga pada tahun ajaran 2022-2023 dengan menerapkan strategi "Everyone Is A Teacher Here". Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan partisipan 29 siswa dari kelas V MI Kauman Kidul, Salatiga, tahun pelajaran 2022/2023. Tahapan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, sesuai dengan penjelasan Arikunto (2008:16). Analisis data yang digunakan mencakup analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi “Everyone Is A Teacher Here” dapat meningkatkan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata keaktifan siswa secara keseluruhan mencapai 51,2%. Namun, melalui perbaikan yang dilakukan oleh guru dengan memberikan pengulangan materi, penjelasan yang lebih rinci, dan memberikan waktu bagi siswa untuk menuliskan hasil pembelajaran, keaktifan siswa mengalami peningkatan signifikan hingga 77,3% pada siklus kedua. Hasil belajar siswa juga mengalami perbaikan yang signifikan. Sebelum memasuki siklus pertama (pra siklus), skor rata-rata hasil belajar adalah 57,6. Namun, dengan penerapan strategi “Everyone Is A Teacher Here” yang melibatkan siswa dalam percobaan dengan bimbingan guru, terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 67,9 pada siklus I. Selanjutnya, dengan perbaikan tambahan berupa pengulangan materi, penjelasan yang lebih rinci, dan pemberian waktu bagi siswa untuk menuliskan hasil pembelajaran, hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 80,1.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 17:38
Last Modified: 30 Oct 2023 17:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18799

Actions (login required)

View Item View Item