IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QARIB DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH ANNIBROS AL-HASYIMREKSOSARI SURUH KABUPATEN SEMARANG

Mufidah, Laila Arofatul (2015) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QARIB DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH ANNIBROS AL-HASYIMREKSOSARI SURUH KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Laila Arofatul Mufidah_11111225.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Metode sorogan adalah metode yang dilaksanakan dengan cara santri satu persatu mendatangi kyai yang akan membacakan beberapa baris kitab bahasa Arab dan mengartikannya kedalam bahasa tertentu, kemudian santri mengulangi dan menerjemahkan seperti yang dilakukan kyai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Bagaimanakah Proses Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Salafiyah Annibros Al-Hasyim Reksosari Suruh Kab. Semarang Tahun 2015, (2) apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam prose pelaksanaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Salafiyah Annibros Al-Hasyim Reksosari Suruh Kab. Semarang Tahun 2015. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Objek peneliti adalah pengasuh, pengurus, dan sebagian santri di pondok pesantren Salafiyah Annibros Al-Hasyim Reksosari Suruh. Temuan peneliti adalah (a) Proses Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Salafiyah Annibros Al-Hasyim Reksosari Suruh Semarang. Proses pelaksanaan pembelajaran di pondok pesantren Salafiyah Annibros AlHasyim sudah berjalan dengan baik dan lancar, hal ini dibuktikan dengan rencana pembelajaran yang tertuang dalam bentuk jadwal. Metode sorogan dilaksanakan dengan santri satu persatu menyodorkan kita bnya kepada kyai, kemudian kyai membacakan beberapa bagian dari kitab itu, dan santri mengulang bacaannya dibawah tuntutan kyai sampai santri benar-benar dapat membacanya dengan baik. Bagi santri yang sudah menguasai materi pelajaranya, maka akan ditambahkan materi baru. Proses evaluasi dalam metode sorogan dilaksanakan secara langsung oleh kyai, apabila ada santri yang salah, kyai langsung membenarkan kesalahan santri.(b)Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Salafiyah Annibros Al-Hasyim Reksosari Suruh Semarang. Faktor pendukungnya yaitukyai lebih bisa mengawasi dan membimbing santri secara langsung, santri akan lebih mudah menguasai isi kitab, terjalinya hubungan yang harmonis antara kyai dengan santri, kesalahan santri dalam membaca kitab dapat langsung diluruskan dan dibenarkan oleh kyai, bertambahnya kemampuan gramatika (nahwu shorof) dan pembendaharaan kosa kata bahasa Arab santri, dan kesempatan untuk lebih berkembang bagi santri yang aktif dan memiliki kemampuan lebih dalam menerima materi dari santri lainya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya pengajar, menghabiskan banyak waktu, karena waktu untuk istirahat bagi santri dan kyai berkurang, metode sorogan dianggap kurang efisien karena kyai hanya menangani satu santri, dan dalam pembelajaran ini membuat santri mudah bosan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 03:10
Last Modified: 15 Feb 2016 03:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item