KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN BAGI ANAK MENURUT MOHAMMAD FAUZIL ADHIM

Qulubiyyah, Lu’luatul (2017) KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN BAGI ANAK MENURUT MOHAMMAD FAUZIL ADHIM. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KONSEP PENDIDIKAN KEIMANAN BAGI ANAK MENURUT MOHAMMAD FAUZIL ADHIM jadi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak : Qulubiyyah, Lu’luatul. 2017. Konsep Pendidikan Keimanan Bagi Anak Menurut Mohammad Fauzil Adhim. Skripsi. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. H. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Keimanan, Anak, Mohammad Fauzil Adhim. Penelitian ini merupakan upaya penggalian konsep pendidikan keimanan bagi anak menurut Mohammad Fauzil Adhim. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) bagaimana konsep pendidikan keimanan bagi anak menurut Mohammad Fauzil Adhim?, (2) bagaimana implementasi pendidikan keimanan bagi anak menurut Mohammad Fauzil Adhim di masa kontemporer?. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk memberikan informasi kepada semua pihak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang disajikan secara kualitatif, dengan menganalisa buku-buku atau teks yang berkaitan dengan Mohammad Fauzil Adhim. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keimanan menurut Mohammad Fauzil Adhim adalah kesediaan untuk mengakui, menerima dan berserah diri kepada Allah Ta’ala yang dinyatakan secara lisan dan diwujudkan dengan perbuatan, serta mengikatkan diri dengan Islam dan memiliki komitmen kepadanya, menjadikan Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai peganganya di dalam kehidupan. Adapun secara garis besar materi pendidikan keimanan bagi anak menurut Mohammad Fauzil Adhim yaitu dengan mengenalkan Allah kepada anak seperti membacakan kalimat tauhid kepada anak,. membina keimanan anak, mengajarkan Al-Qur’an kepada anak, menumbuhkan kecintaan anak terhadap agama Islam, mengajarkan mereka untuk berislam dengan Ihsan dan dorongan untuk berdakwah. (2) Dalam implementasi atau penerapan pendidikan keimanan bagi anak Mohammad Fauzil Adhim memberikan beberapa metode seperti metode motivasi, kasih sayang, keteladanan, pembiasaan, nasihat dan ditambah dengan metode hukuman. Serta menggunakan langkah-langkah seperti mendekatkan anak dengan kisah atau cerita tentang mengesakan Allah, menanamkan keimanan anak dengan mengenalkan sifat Allah melalui bahasa, mengajak anak untuk mengenali dan merenungkan ciptaan Allah serta membekali anak untuk menuntut ilmu dan mencintai orang yang berilmu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:19
Last Modified: 03 Nov 2017 07:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item