PENANAMAN SIKAP KETAATAN BERIBADAH DAN SIKAP PLEGMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

, Amalia Risti Yuliawati (2023) PENANAMAN SIKAP KETAATAN BERIBADAH DAN SIKAP PLEGMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Amalia Risti Yuliawati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Amalia Risti Yuliawati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Amalia Risti Yuliawati.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penanaman sikap ketaatan beribadah pada siswa SMP Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2022/2023; 2) Penanaman sikap plegmatis pada siswa SMP Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2022/2023; 3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap ketaatan beribadah dan sikap plegmatis pada siswa SMP Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif, sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer yaitu wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama islam (PAI) dan peserta didik kelas VII; sumber data sekunder berupa dokumen foto kegiatan penanaman sikap ketaatan beribadah dan sikap plegmatis. Dalam menelaah data, menggunakan teknik reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Validitas atau keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di SMP Negeri 1 Salatiga memiliki: 1) Penanaman sikap ketaatan beribadah meliputi salat zuhur, salat duha, tadarus al-Qur’an, pembelajaran pendidikan agama islam, kajian agama, pembacaan asmaul husna dan infak; 2) Penanaman sikap plegmatis meliputi kegiatan 5S yang didukung metode yang digunakan proses penanaman yakni dengan pembiasaan, keteladanan, pengawasan dan teguran. 3) Faktor pendukung penanaman sikap ketaatan beribadah adanya intelegensi, antusiasme peserta didik, partisipasi orang tua, dan regulasi pemimpin. Faktor penghambat penanaman sikap ketaatan beribadah, perilaku atau kepribadian peserta didik dan lingkungan. Faktor yang mendukung penanaman sikap plegmatis kepribadian peserta didik dan lingkungan. Faktor penghambat penanaman sikap plegmatis lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 17:43
Last Modified: 30 Oct 2023 17:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18800

Actions (login required)

View Item View Item