PEMBINAAN AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA MTs SUDIRMAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

ASTUTI, SUSI DUWI (2023) PEMBINAAN AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA MTs SUDIRMAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SUSI DUWI ASTUTI 23010190420 - Copy fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pembinaan aktivitas keagamaan pada siswa MTs Sudirman Getasan. 2) Pembinaan sikap patriotisme pada siswa MTs Sudirman Getasan. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan aktivitas keagamaan dan sikap patriotisme pada siswa MTs Sudirman Getasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum, Guru dan Siswa. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik agar mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1). Pembinaan aktivitas keagamaan pada siswa Sudirman meliputi: ikrar asmaul husna, berdoa sebelum pembelajaran di mulai, salat dhuha bersama, sholat dzuhur berjamaah, jumat sedekah, dan hafalan surat pendek melalui ekstrakurikuler BTQ. 2). Pembinaan sikap patriotisme pada siswa Sudirman meliputi: upacara bendera dengan khidmat, pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. 3). Factor pendukung dan penghambat dari pembinaan aktivitas keagamaan dan sikap patriotisme pada siswa Sudirman yaitu factor pendukungnya adalah partisipasi guru, adanya jadwal kegiatan, dan sikap tanggung jawab siswa. Faktor penghambatnya adalah kurangnya sikap semangat siswa, kesulitan dalam mengkoordinasikan siswa, siswa yang kurang responsive dan disiplin, sarana dan prasarana kurang memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 18:14
Last Modified: 30 Oct 2023 18:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18805

Actions (login required)

View Item View Item