PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V PADA ERA NEW NORMAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH THOLABIYAH KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nihayati, Ulin (2023) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V PADA ERA NEW NORMAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH THOLABIYAH KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX BANGET SKRIPSI ULIN NIHAYATI 23040160037_compressed (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
FIX BANGET SKRIPSI ULIN NIHAYATI 23040160037_compressed (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
FIX BANGET SKRIPSI ULIN NIHAYATI 23040160037_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Nihayati, Ulin, 2023 . Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Matematika Kelas 5 di MIS Tholabiyah Tegaron Banyubiru Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Pembelajaran Matematika, Era New Normal Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dan orang tua siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas v di MIS Tholabiyah Tegaron Banyubiru pada Era New Normal Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Guru kelas 5 dan orang tua siswa merupakan subjek penelitian yang ditentukan oleh peneliti. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terhadap beberapa orang tua/wali siswa kelas 5 untuk mendapatkan informasi yang valid dan lengkap. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa guru dan orang tua siswa mempunyai peran dalam pembelajaran matematika kelas V di MI Tholabiyah Tegaron pada era new normal sangat berpengaruh bagi anak. Guru berperan sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, penilai, motivator, dan pemberi contoh yang baik. Guru menggunakan berbagai macam metode pembelajaran agar siswa mudah memahami materi dan ertarik untuk belajar. Selain itu, guru juga memberikan nasihat dan motivasi di sela-sela pembelajaran. Kendala-kendala yang dialami saat pembelajaran matematika di era new normal : 1) Kendala yang dialami guru adalah masih kesulitan dalam memadukan antara materi dengan metode yang dipakai agar mudah dipahami oleh siswa, 2) Kendala yang dialami orang tua adalah kurangnya pemahaman materi dan sibuk bekerja membuat orang tua kurang memerhatikan waktu belajar anak, 3) Kendala yang dialami oleh siswa adalah kurang tertarik dengan pelajaran matematika karena dianggap sulit dan membosankan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 18:58
Last Modified: 30 Oct 2023 18:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18809

Actions (login required)

View Item View Item