PERBANDINGAN PENGARUH MODAL, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STABILITAS BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA

, Novita Trinanda Putri (2023) PERBANDINGAN PENGARUH MODAL, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STABILITAS BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA TRINANDA PUTRI 1 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI NOVITA TRINANDA PUTRI 1 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri, Novita Trinanda. 2023. Perbandingan Pengaruh Modal, Profitabilitas, Dan Likuiditas Terhadap Stabilitas Bank Konvensional Dan Bank Syariah Di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah UIN Salatiga; Pembimbing: Rosana Eri Puspita Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat persaingan yang sangat pesat antara bank syariah dan bank konvensional untuk menjaga stabilitas bank. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecukupan modal, rentabilitas, dan likuiditas terhadap stabilitas perbankan di Indonesia. Dalam penelitian ini variabel dependen diukur menggunakan Z-Score sebagai proyeksi stabilitas bank. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria sepuluh bank terbesar di Indonesia yang terdaftar di OJK dan menerbitkan laporan keuangannya dari tahun 2018-2022. Dari kriteria tersebut diperoleh 20 bank yang terdiri dari 10 bank konvensional dan 10 bank syariah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi data panel dan independent sample t-test dengan bantuan Microsoft Excel, SPSS, dan Eviews. Hasil dari penelitian ini adalah profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap stabilitas bank syariah tetapi tidak pada bank konvensional. Likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap stabilitas bank konvensional dan bank syariah. Sedangkan kecukupan modal tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap stabilitas bank konvensional. CAR tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap stabilitas bank konvensional dan syariah. Dari uji beda rata-rata diperoleh bukti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara profitabilitas, likuiditas, dan kecukupan modal pada bank konvensional dan syariah. Bank syariah lebih stabil dibandingkan bank konvensional. Studi ini menyarankan bank harus menjaga stabilitas keuangan untuk menjaga stabilitas moneter karena sektor perbankan mendominasi stabilitas sistem keuangan di Indonesia. Kebaruan dari penelitian ini adalah penggunaan data terbaru. Kata kunci: stabilitas, CAR, ROA, FDR, LDR.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 19:00
Last Modified: 30 Oct 2023 19:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item