PEMBINAAN KETAATAN BERIBADAH DAN ETIKA PERGAULAN PADA SISWA ATLET DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

lutfiyana, Anis luluk (2023) PEMBINAAN KETAATAN BERIBADAH DAN ETIKA PERGAULAN PADA SISWA ATLET DI SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANIS LULUK LUTFIYANA_23010190165.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANIS LULUK LUTFIYANA_23010190165.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lutfiyana, Anis Luluk. 2023. Pembinaan Ketaatan Beribadah dan Etika Pergaulan Siswa Atlet di SMA Muhammadiyah (PLUS) Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan, Ketaatan Beribadah, Etika Pergaulan, Atlet Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui. 1) Strategi pembinaan ketaatan beribadah 2) Faktor pendukung pembinaan ketaatan beribadah 3) Faktor penghambat pembinaan ketaatan beribadah 4) Strategi pembinaan etika pergaulan 5) Faktor pendukung etika pergaulan 6) Faktor penghambat etika pergaulan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa Atlet SMA Muhammadiyah (PLUS) Salatiga. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber agar mendapatkan data yang benar-benar valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pembinaan ketaatan beribadah siswa atlet meliputi: keteladanan, nasihat, latihan, pembiasaan, pujian, dan sanksi. (2) faktor pendukung pembinaan ketaatan beribadah siswa atlet meliputi: peran orang tua, peran kepala sekolah, lingkungan sekolah, peran guru agama. (3) faktor penghambat pembinaan ketaatan beribadah siswa atlet meliputi: penyalahgunaan teknologi, kurangnya perhatian orang tua. (4) strategi pembinaan etika pergaulan siswa atlet meliputi: menghormati guru, mematuhi peraturan sekolah, sikap atau perilaku terhadap teman. (5) faktor pendukung pembinaan etika pergaulan siswa atlet meliputi: lingkungan keluarga yang harmonis, lingkungan sekolah yang baik. (6) faktor penghambat etika pergaulan siswa atlet meliputi: latar belakang siswa, penyalahgunaan teknologi, kurangnya rasa saling menghargai, sikap meremehkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 19:31
Last Modified: 30 Oct 2023 19:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18813

Actions (login required)

View Item View Item