PERAN K.H. SAMSURRO'YI DALAM PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL RIYADLOH DESA KESONGO, KECAMATAN TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG (1981-2021)

Hidayat, Khoirul (2023) PERAN K.H. SAMSURRO'YI DALAM PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL RIYADLOH DESA KESONGO, KECAMATAN TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG (1981-2021). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
1. skripsi Khoirul jadi buku-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

PERAN K.H. SYAMSURRO’YI DALAM PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN API AL-RIYADLOH DESA KESONGO, KECAMATAN TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG (1981-2021) Khoirul Hidayat 53010190134 Prodi Sejarah Peradaban Islam Universitas Islam Negri Salatiga ABSTRAK Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk meneliti sejarah perkembangan Pondok Pesantren Al-Riyadloh Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupten Semarang pada tahun 1981 sampai dengan 1998, biografi K.H. Syamsurro’yi pendiri Pondok Pesantren Al-Riyadloh Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupten Semarang dan peran K.H. Syamsurro’yi dalam perkembangan Pondok Pesantren Al-Riyadloh Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupten Semarang 1999 sampai dengan 2021. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah. Adapun langkah-langkah dalam metode penelitian sejarah yaitu: (1) Heuristik atau pengumpulan data, (2) Verivikasi atau kritik sumber, (3) Interpretasi atau penafsiran, dan (4) Historiografi atau penulisan sejarah. Adapun sumber primer pada penelitian ini yaitu dari arsip kantor Al Riyadloh berupa akta pendirian, foto dokumentasi dan juga wawancara dengan beberapa saksi sejarah. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) K.H. Syamsurro’yi merupakan pendiri sekaligus pengsuh Pondok Pesantren API Al Riyadloh pada tahun 1981. Didirikan Majlis Taklim dengan nama Taklim Salafi Al Riyadloh di Desa Kesongo Tuntang Semarang. Dari tahun ketahun Pondok Pesantren Al Riyadloh mengalami beberapa pembaruan peningkatan metode pembelajaran baik pembelajaran Al Quran maupun pembelajaran kitab. Juga semakin berkembangnya Pondok Pesantren Al Riyadloh dalam bidang sosial keagamaan dengan semakin bertambahnya kegiatan keagamaan baik bersama masyarakat maupun santri. Selain itu dalam perkembangan, Pondok Pesantren juga mengalami faktor-faktor penghambat maupun pendukung. (2) K.H. Syamsurro’yi bin Turmudhi bin Marwi atau Mbah Sam lahir pada tahun 1949 M/ 1368 H di Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Dilahirkan dari keluarga Islam sehingga beliau tumbuh dengan karakter dan kepribadian yang mencintai Islam. Simbah Marwi (kakek K.H. Syamsurro’yi) merupakan sosok yang sangat memperhatikan kondisi masyarakat pada waktu itu yang masih kental dengan nuansa abangan, kejawen, pengaruh penjajah. K.H. Syamsurro’yi banyak menimba ilmu di beberapa pondok pesantren yang tersebar di Daerah Jawa. (3) Sebagai pengasuh Pondok Pesantren Al Riyadloh, K.H. Syamsurro’yi sangat berperan besar dalam berkembangnya pondok pesantren, dapat dilihat dari peran K.H. Syamsurro’yi di berbagai bidang seperti bidang pendidikan dengan melakukan pembaruan kegiatan pembelajaran, bidang agama dengan diadakanya kegiatan rutin keagamaan, maupun bidang sosial dengan banyaknya masyarakat yang selalu berpartisipasi dalam segala kegiatan di pondok pesantren. Kata kunci: Peran, K.H. Syamsurro’yi, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 19:46
Last Modified: 30 Oct 2023 19:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item