ISLAMISASI MASYARAKAT PALEMBANG TAHUN 1970-2013 : STUDI TERHADAP DAKWAH ISLAM HABAIB KAMPUNG ARAB AL-MUNAWAR DI DESA 13 ULU, PALEMBANG

Lusiani, (2023) ISLAMISASI MASYARAKAT PALEMBANG TAHUN 1970-2013 : STUDI TERHADAP DAKWAH ISLAM HABAIB KAMPUNG ARAB AL-MUNAWAR DI DESA 13 ULU, PALEMBANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LUSIANI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
LUSIANI.pdf

Download (5MB)

Abstract

skripsi ini merupakan kajian historis dengan berjudul islamisasi masyarakat palembang tahun 1970-2013 : studi terhadap dakwah islam habaib kampung arab al-munawar di desa 13 ulu, Palembang. Pokok permasalahanya adalah: (1) bagaimana kondisi sosial masyarakat di kota Palembang, (2) bagaimana sejarah kampung Arab Al-Munawar di Desa 13 Ulu Palembang, (3) bagaimana Pengaruh tradisi keagamaan kampung Arab Al-Munawar di kota Palembang. Untuk mengungkapkan masalah tersebut, penulis menggunakan metode sejarah yang meliputi empat tahapan kritis, yaitu: (1) heuristik atau pengumpulan data, (2) verifikasi atau kritik sumber, (3) Interpretasi dan (4) penulisan laporan atau historiografi Hasil kajian menunjukkan bahwa islamisasi di Palembang telah berlangsung semenjak abad ke 7 M. Hal tersebut dapat dilihat ketika terjadi kontak pelayaran dan perdagangan antara kerajaan sriwijaya dengan para pedagang muslim dari India, Cina, Persia, dan Arab. Namun, agama islam baru bisa diterima secara resmi kerajaan Sriwijaya pada pada abad ke 17 M, pasca Ki Mas Hindi melepaskan diri dari kekuasaan Mataram dengan mengunakan gelar Sultan Susuhunan Abdurrahman Kholifatul Mukminin Syaidul Imam. Setelah masuknya agama islam di Palembang, maka hampir seluruh tingkah laku serta langkah gerak masyarakat di pengaruhi oleh islam. Hal tersebut dapat dilihat pada munculnya tradisi ziarah kubro, pendirian Madrasah Al-Kautsar dan pendirian pondok pesantren Ar-Riyadh di kota Palembang. Kata Kunci: Islamisasi, Akulturasi budaya, Habaib AlMunawar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 19:59
Last Modified: 30 Oct 2023 19:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18817

Actions (login required)

View Item View Item