PEMBINAAN KEGIATAN KEISLAMAN DAN SOLIDARITAS PADA SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Styaningsih, Vivin (2023) PEMBINAAN KEGIATAN KEISLAMAN DAN SOLIDARITAS PADA SISWA SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
VIVIN STYANINGSIH 23010190246.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan mendiskripsikan pelaksanaan pembinaan kegiata keislaman dan solidaritas pada siswa SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang, yang dimana penelitian ini mendiskripsikan tentang faktor penghambat dan juga faktor pendukung pembinaan kegiatan keislaman dan solidaritas SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Smarang, dan mendiskripsikan dampak dari pembinaan perilaku keislaman dan solidaritas pada siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang dijawab dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pembinaan kegiatan keislaman dan solidaritas pada siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang? (2) apa saja yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembinaan kegiatan keislaman dan solidaritas pada siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang? (3) seperti apa dampak yang dirasakan dari pembinaan kegiatan keislaman dan solidaritas pada siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitia ini adalah waka kesiswaan, Waka Kurikulum, Guru PAI dan Budipekerti, Guru BK, dan Siswa SMK Negeri 1 Tengaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Ada tiga tahapan peneliti dalam menganalisis data penelitian ini, anatara lain yakni: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber triangulasi metode. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembinaan kegiatan keislaman dan solidaritas pada siswa SMK Negeri 1 Tengaran diterapkan dan dilakukan dalam kegiatan sehari-hari yang melalui beberapa strategi yaitu pembiasaan, keteladanan, peraturan, dan nasehat. Kegiatan pembiasaan tersebut seperti: membaca Asmaul Husna setiap hari senin sampai kamis sebelum memulai pembelajaran, berdo’a, membaca surah Ysin setiap hari jum’at sebelum pembelajaran, shalat dzuhur berjama’ah, sholat Jum’at berjama’ah, kajian An-Nisa bagi prempuan setiap hari jumat setelah pembelajaran selesai, infaq, saling sapa menyapa, gotong royong, tolong menolong kepada sesame, saling menghormati, piket bersama. (2) Faktor pendukung dalam pembinan kegiatan keislmaman dan solidaritas pada siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang yaitu faktor lingkungan, siswa itu endiri (Internal), adanya peraturan sekolah, Kerjasama antara pemimpin, guru, staf, dan siswa secara baik. (3) Dampak dari pembinaan kegiatan keislaman dan solidaritas pada siswa SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang yaitu meliputi Siswa semakin dekat dengan Allah SWT, Siswa semakin soleh dan solehah, Saling menghargai dan menghormati, Mempunyai sikap empati yang tinggi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 20:03
Last Modified: 30 Oct 2023 20:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18818

Actions (login required)

View Item View Item