PEENINGKATANHASIL BELAJAR FIKIH MATERI IBADAH PUASA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PROJECTED MOTION MEDIA PADA SISWA KELAS VIII A MTsS SUDIRMAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023/2024

Maleha, Maya (2023) PEENINGKATANHASIL BELAJAR FIKIH MATERI IBADAH PUASA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PROJECTED MOTION MEDIA PADA SISWA KELAS VIII A MTsS SUDIRMAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MAYA MALEHA 23010190156 FIKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
MAYA MALEHA 23010190156 FIKS.pdf

Download (6MB)

Abstract

Maleha, Maya. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Ibadah Puasa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Projected Motion Media Pada Siswa Kelas VIII A Di Mtss Sudirman Getasan Kabupaten Semarang Tahun 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar; Fikih; Model Problem Based learning (PBL); dan media projected motion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model problem based learning berbantu projected motion media dapat meningkatkan hasil belajar Fikih materi ibadah puasa pada siswa kelas VIII MTsS Sudirman Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi menjadi 2 siklus. Ada empat langkah dalam setiap siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Model pengumpulan data penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi, dan tes. Mempelajari rumus persentase penyelesaian menghasilkan analisis data. Persyaratan ketuntasan klasikal 85% dinyatakan berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya hasil belajar siswa pada pembelajaran fikih materi Ibadah Puasa kelas VIII A MTsS Sudirman Getasan Kabupaten Semarang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model problem based learning berbantu projected motion media. Peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I yaitu meningkat 18,18%, hal ini dibuktikan pada data pra siklus siswa tuntas belajar ada 4 siswa dengan nilai presentase 18,19% dan dengan nilai rata-rata 60,68%, siklus I siswa tuntas belajar ada 8 siswa dengan presentase 36,37% dengan nilai rata-rata 69,31%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu meningkat 50%. Hal ini dapat di buktikan pada pelaksanaan siklus I siswa tuntas belajar ada 8 siswa dengan presentase 36,37% dengan nilai rata-rata 69,31%, siklus II ada 19 siswa yang tuntas belajar dengan presentase 86, 37% dengan nilai rata-rata 78,40%. Hasil belajar yang telah dicapai siswa pada siklus II yaitu 86,37% sehingga Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kreteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 20:13
Last Modified: 30 Oct 2023 20:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18819

Actions (login required)

View Item View Item