PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE MEMBACA KWL (KNOW, WANT,LEARNED) PADA SISWA KELAS IV MI MATHOLI’UL ULUM TRETEG PATI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Habibah, Farida Ulil (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE MEMBACA KWL (KNOW, WANT,LEARNED) PADA SISWA KELAS IV MI MATHOLI’UL ULUM TRETEG PATI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Farida Ulil Habibah NIM. 23040190093-1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Farida Ulil Habibah NIM. 23040190093-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Hasil Belajar, Motode membaca KWL (know,want,learned) Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui Melalui Metode Membaca KWL (know,want,learned) pada siswa kelas IV MI Matholi’ul Ulum Treteg Pati Tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus penelitian yang meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi ( reflecting). PTK ini dilakukan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2023 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023. Pada siswa kelas IV MI Matholi’ul Ulum Treteg Pati dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Metode Membaca KWL (know,want,learned) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV MI Matholi’ul Ulum Treteg Pati. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui data hasil tes siswa pada pra siklus terdapat 7 siswa yang tuntas atau sebanyak 31,81% dengan rata-rata nilai 64,09%. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 dengan rata-rata nilai 70,45% dan siklus 2 terdapat 20 siswa yang tuntas, rata-rata nilai 87,27%. Jadi hasil ketuntasan belajar siklus I sebesar 31,81% belum memenuhi indicator kriteria ketuntasan klasikal sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Adapun hasil siklus II sebesar 91,9% sudah memenuhi indicator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% sehingga penelitian dihentikan dan dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 20:21
Last Modified: 30 Oct 2023 20:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item View Item