ANALISIS PENGARUH RELEGIUSITAS, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( STUDI KASUS PADA PENGUSAHA MUDA DI KOTA SALATIGA )

ROSIDI, ABDURRAHMAN (2023) ANALISIS PENGARUH RELEGIUSITAS, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( STUDI KASUS PADA PENGUSAHA MUDA DI KOTA SALATIGA ). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ABDURRAHMAN ROSIDI NIM 63020160101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kewirausahaan dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan produktivitas Namun, tidak banyak masyarakat yang menjadi wirausahawan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan kewirausahaan, lingkungan keluarga, religiusitas terhadap keputusan berwirausaha dengan sebagai variabel moderasi self efficacy.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh warga kota salatiga yang memili usaha sendiri (wiausaha) 18.240 jiwa berdasarkan laporan BPS Kota Salatiga tahun 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian diantaranya; Pelatihan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha pada pengusaha muda di Kota Salatiga. Lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha pada pengusaha muda di Kota Salatiga. Religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Self efficacy memperkuat pegaruh pelatihan kewirausahaan secaara signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Self efficacy memperkuat pegaruh lingkungan keluarga secara signifikan terhadap keputusan. Self efficacy tidak memperkuat pegaruh religiusita secara signifikan terhadap keputusan berwirausaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 21:20
Last Modified: 30 Oct 2023 21:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item