STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELANGGAN IKLAN DI RADIO SUARA KUDUS

varadila, Rika fitri devina (2023) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELANGGAN IKLAN DI RADIO SUARA KUDUS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rika Fitri Devina V-43010190147-KPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rika Fitri Devina V-43010190147-KPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rika Fitri Devina V-43010190147-KPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Marketing Public Relation dalam meningkatkan pelanggan iklan di Radio Suara Kudus. Penelitian dilakukan untuk menjawab rumusan masalah mengenai: 1) Bagaimana strategi marketing public relation dalam meningkatkan pelanggan iklan di Radio Suara Kudus. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung yang dapat meningkatkan pelanggan iklan di Radio Suara Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah bidang programer, bidang marketing, bidang siaran, dan pelanggan iklan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data yang digunakan oleh Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Strategi Marketing Public Relation dalam meningkatkan pelanggan iklan di Radio Suara Kudus telah melakukan beberapa strategi antara lain, yang pertama dengan melakukan Pull Strategy (strategi menarik) yaitu berusaha menarik para pelanggan iklan dan menyelenggarakan program acara, kedua Push Strategy (strategi mendorong) yaitu dengan memberikan promo kepada para pelanggan iklan, sedangkan ketiga Pass Strategy (strategi menjaga hubungan baik) yaitu memenuhi kebutuhan dan keinginan dari para pelanggan iklan. 2). Adapun faktor penghambatnya antara lain massifnya media sosial, alat teknik yang kurang baik, dan waktu siaran. Sedangkan faktor pendukungnya adalah menjaga komunikasi dengan pelanggan iklan, adanya radio streaming, dan pemanfaatan media sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 21:27
Last Modified: 30 Oct 2023 21:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18828

Actions (login required)

View Item View Item