PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI MATERI BIOGRAFI TOKOH PENDIRI ORGANISASI KEAGAMAAN DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MEDIA CANVA PADA SISWA KELAS IX MTs DARUL MA’ARIF PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2022/2023

Rizaldi, Muhamad Iqbal (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI MATERI BIOGRAFI TOKOH PENDIRI ORGANISASI KEAGAMAAN DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MEDIA CANVA PADA SISWA KELAS IX MTs DARUL MA’ARIF PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhamad Iqbal Rizaldi 23010160078 PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rizaldi, Muhamad Iqbal. 2023 Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI Materi Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keislaman di Indonesa Melalui Metode STAD (Student Temas Achievement Division) dan Media Canva pada Siswa Kelas IX MTs Darul Ma’arif Pringapus Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata kunci: Hasil Belajar, SKI, Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Media Canva Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar pada siswa MTs Darul Ma’arif Pringapus kelas IX tahun ajaran 2022/2023. Hal ini dilatarbelakangi karena masih banyak siswa yang nilainya dibawah KBM 75. Apakah metode STAD (Student Teams Achievement Division) dan Media Canva dapat meningkatkan hasil belajar materi Boigrafi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia pada siswa kelas IX MTs Darul Ma’arif Pringapus Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas IX C yang berjumlah 15 siswa. dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal tersebut dapat diketahui karena adanya peningkatan di setiap siklusnya. Pada pra siklus siswa yang tuntas sejumlah 6 siswa dengan presentase ketuntasan 40% siklus I siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa engan presentase ketuntasan 60% dan siklus II siswa yang tuntas sejumlah 13siswa dengan presentase ketuntasan 86,7%. Jadi peningkatan dari pra siklus ke siklus I 20% dan siklus I ke siklus II 26%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 21:58
Last Modified: 30 Oct 2023 21:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18830

Actions (login required)

View Item View Item