PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENJAGA LINGKUNGAN UNTUK KELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS III SEMESTER II DI SD PTQ ANNIDA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sarifah, Suci Malikatus (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENJAGA LINGKUNGAN UNTUK KELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS III SEMESTER II DI SD PTQ ANNIDA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Baru.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Baru.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Baru.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Baru.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode discovery learning dengan media flashcard pada siswa kelas III semester II di SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023 materi menjaga lingkungan untuk kelestarian tumbuhan dan hewan dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan metode discovery learning dengan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III semester II di SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, soal tes siswa, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Pengumpulan informasi yang dilakukan yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara membandingkan hasil belajar siswa yang sesuai dengan kriteria ketuntasan klasikal dan individual. Hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery learning dengan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dibuktikan dengan hasil siklus sebelum menggunakan metode discovery learning dengan media flashcard hanya 28% (7 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 62. Pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 60% (15 siswa yang tuntas) dengan nilai rata rata 70. Sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 88% (22 siswa yang tuntas) dengan nilai rata rata 78. Sehingga hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan 28%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 05:18
Last Modified: 31 Oct 2023 05:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item