PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN DAN PEDULI SOSIAL DI PONDOK PESANTREN PUTRI DARUL ULUM REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Chusna, Ana Nurul (2023) PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN DAN PEDULI SOSIAL DI PONDOK PESANTREN PUTRI DARUL ULUM REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANA NURUL CHUSNA 23010190325 - revisi fiks bgtt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pembinaan mental keagamaan di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum 2) bentuk kegiatan pembinaan mental keagamaan di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum 3) faktor pendukung pembinaan mental keagamaan di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum 4) faktor penghambat pembinaan mental keagamaan di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum 5) pembinaan peduli sosial di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum 6) bentuk kegiatan pembinaan peduli sosial di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum 7) faktor pendukung pembinaan peduli sosial di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum 8) faktor penghambat pembinaan peduli sosial di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembinaan mental keagamaan di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Reksosari Suruh menerapkan beberapa metode, diantaranya dengan metode pembiasaan, metode nasihat, pendidikan, dan punishment (metode hukuman). 2) Kegiatan pembinaan mental keagamaan di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Reksosari Suruh meliputi pelaksanaan jamaah sholat fardhu, pembinaan akhlak dan sopan santun, mujahadah, adanya tata tertib, dan pemberian motivasi dari pengasuh. 3) Faktor pendukung pembinaan mental keagamaan di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Reksosari Suruh terdiri dari kesadaran diri santri, lingkungan keluarga, peran kyai atau pengasuh, dan adanya takzir. 4) Faktor penghambat pembinaan mental keagamaan di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Reksosari Suruh meliputi kepribadian santri, teman sebaya, kurangnya ketegasan pengurus dan kurangnya fasilitas. 5) Pembinaan peduli sosial di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Reksosari Suruh menerapkan beberapa metode, diantaranya dengan metode keteladanan, metode pembiasaan, dan melibatkan santri dalam kegiatan sosial. 6) Bentuk bentuk kegiatan pembinaan peduli sosial di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Reksosari Suruh meliputi pelaksanaan takziah, santunan, roan, dan syawir. 7) Faktor pendukung pembinaan peduli sosial di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Reksosari Suruh yaitu adanya kegiatan positif pondok pesantren, lingkungan masyarakat, dan peran pengurus. 8) Faktor penghambat pembinaan peduli sosial di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Reksosari Suruh yaitu adanya sikap egois, perbedaan latar belakang santri, dan masuknya budaya barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:05
Last Modified: 31 Oct 2023 07:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18841

Actions (login required)

View Item View Item