PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN MINAT BELAJAR PADA KELAS PROGRAM KHUSUS ATLET DI SMA MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

ASHIDIQI, MUHAMMAD HAMMAM (2023) PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN MINAT BELAJAR PADA KELAS PROGRAM KHUSUS ATLET DI SMA MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Hammam Ashidiqi 23010190360...pdf

Download (3MB)

Abstract

Hammam Ashidiqi, Muhammad. (2023). Pembinaan Kedisiplinan Beribadah dan Minat Belajar pada Siswa Kelas Program Khusus Atlet di SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto M.Pd. Kata Kunci : Pembinaan, Kedisiplinan Beribadah, Minat Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan kedisiplinan beribadah dan minat belajar, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melaksanakan pembinaan kedisiplinan beribadah dan minat belajar pada siswa kelas khusus program atlet di SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan data-data dalam pembahasannya. Sumber data yang didapatkan besumber dari data primer dan data skunder. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pembinaan yang dilaksanakan dalam menanamkan kedisiplinan beribadah pada siswa kelas khusus program atlet di SMA Muhammadiyah Plus Kota Salatiga menggunakan metode keteladanan, nasihat dan motivasi, pembiasaan, penerapan hukuman atau sanksi dan pembinaan melalui media sosial. Sekolah juga menerapkan kegiatan keagamaan seperti program tahfidz, baca tulis al-Qur’an, peringatan hari besar islam, dan pengajian diasrama atlet. Adapun pembinaan kedisiplinan beribadah yang diterapkan oleh sekolah yaitu dengan mengadakan pembiasaan salat dhuha setiap pagi dan salat dhuhur berjamaah setiap di sekolah, dan dorongan motivasi islami untuk meningkatkan religius siswa dengan kegiatan kegamaan seperti tahfidzul quran, kajian-kajian, dan peringatan hari besar islam baik melalui tatap muka maupun media sosial. Sedangkan pembinaan minat belajar yang dilaksanakan dari sekolah yaitu menggunakan metode-metode terbaru dan inovatif untuk meningkatkan semangat belajar siswa, pembelajaran yang tidak monoton penggunaan kurikulum merdeka yang menuntut siswa untuk aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 16:24
Last Modified: 31 Oct 2023 16:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18849

Actions (login required)

View Item View Item