EFEKTIVITAS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEGDE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

istiqomah, Shofia nur (2023) EFEKTIVITAS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEGDE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SHOFIA NUR ISTIQOMAH 23010190167 FIKS.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SKRIPSI SHOFIA NUR ISTIQOMAH 23010190167 FIKS.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SKRIPSI SHOFIA NUR ISTIQOMAH 23010190167 FIKS.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SKRIPSI SHOFIA NUR ISTIQOMAH 23010190167 FIKS.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SKRIPSI SHOFIA NUR ISTIQOMAH 23010190167 FIKS.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SKRIPSI SHOFIA NUR ISTIQOMAH 23010190167 FIKS.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SKRIPSI SHOFIA NUR ISTIQOMAH 23010190167 FIKS.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, Shofia Nur. 2023. Efektivitas Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata kunci: Efektivitas; Technological Pedagogical Content Knowledge; Minat Belajar; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Technological Pedagogical Content Knowledge terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental menggunakan desain one group pretest-posttest desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Dharma Lestari Salatiga dan mengambil sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII sebagai kelas studi. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu model pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge dan variabel terikat yaitu minat dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Pengambilan data tes berupa soal pilihan ganda dan esai yang dilampirkan sebagai soal pretest dan posttest, sedangkan pengambilan data non tes yaitu berupa angket (kuesioer). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji-t test dengan program SPSS 22.0 yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (paired sample t-test). Konsep Technological Pedagogical Content Knowledge efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Angket (kuesioner) respon siswa untuk mengukur minat siswa yang masuk kedalam kategori tinggi sebanyak 72 responden. Dilihat dari nilai pretest dan posttest sudah ada peningkatan yaitu 72.7%, dibuktikan dengan uji N-Gain nilai rata-ratanya yaitu 0,60 termasuk kedalam kategori cukup efektif, dan dibuktikan juga dengan analisis uji hipotesis yaitu uji-t (Paired Sample T-Test) dengan hasil thitung (-30,259) > ttabel (1,658) dengan nilai signifikasi (0,000) < (0,05), jadi bisa disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 17:19
Last Modified: 31 Oct 2023 17:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18854

Actions (login required)

View Item View Item