EFEKTIVITAS PENERAPAN MUJAHADAH NIHADLUL MUSTAGHFIRIN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SANTRI PPTI AL FALAH SALATIGA

Sofiyyatunnida, Husni (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MUJAHADAH NIHADLUL MUSTAGHFIRIN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SANTRI PPTI AL FALAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HUSNI SOFIYYATUNNIDA 23080190042 FIKS - Copy.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui regulasi emosi santri PPTI al Falah Salatiga sebelum diterapkan mujahadah nihadlul mustaghfirin dalam layanan bimbingan klasikal. 2) Untuk mengetahui kefektivitasan mujahadah nihadlul mustaghfirin dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan regulasi emosi santri PPTI al Falah Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan one group pre-test and post-test yang dilakukan dengan adanya tes sebelum dan sesudah adanya perlakuan tertentu. Subjek yang digunakan yaitu kelas satu ula C yang menunjukkan kelas dengan rata-rata regulasi emosi paling rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan non probability sampling dengan jenis yang digunakan teknik purposive sampling, dari 72 santri diambil sampel sebanyak 23 santri. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu skala regulasi emosi. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya mujahadah nihadlul mustaghfirin dalam layanan bimbingan klasikal regulasi emosi memperoleh rata-rata 89,52 yang masuk dalam kategori sedang, sedangkan setelah diterapkan mujahadah nihadlul mustaghfirin dalam layanan bimbingan klasikal memperoleh skor regulasi emosi dengan rata-rata 102,00 dan masuk dalam kategori tinggi. Hal ini sudah dibuktikan melalui uji sampel paired t-test, dengan hasil uji-t 8,614 yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa alternatif diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 17:36
Last Modified: 31 Oct 2023 17:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item View Item