PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SMP DI KOTA SALA TIGA TAHUN 2017

RIPAAT, MUHAMAD (2017) PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SMP DI KOTA SALA TIGA TAHUN 2017. Masters thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS PSF.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam SMP di Kota Salatiga tahun 2017 secara partial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif jenis pendekatan one shot method (metode “menembak” atau pengumpulan data satu kali terhadap satu kasus) dan eks post facto. Penelitian expost facto disebut sebagai penelitian sesudah kejadian. Oleh karena itu, penelitian ini dapat dilakukan ketika suatu peristiwa yang di dalamnya terdapat komponen variabel bebas dan variabel terikat telah terjadi. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam SMP di Kota Salatiga sebanyak 30 orang. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, dan uji heterokedastisitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji F (Goodness of Fit), dan uji t. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP di Salatiga tahun 2017 terbukti bahwa nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 dan t1 hitung 19,439 > daripada t tabel 2,0452, (2) Supervisi akademik Kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP di Salatiga tahun 2017 terbukti bahwa nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 dan t2 hitung 17,345 > daripada t tabel 2,0452, (3) Kepemimpinan Transformasional dan supervisi akademik Kepala Sekolah berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP di Salatiga tahun 2017 terbukti bahwa nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 dan F hitung 188,443 > F table 3,354. Kata kunci: Kepemimpinan transformasional, Supervisi akademik Kepala Sekolah, Kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:57
Last Modified: 03 Nov 2017 07:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item