PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SALAT SUNNAH MU'AKKAD DAN GHAIRU MU'AKKAD MELALUI METODE PRACTICE REHEARSAL PAIR DAN MEDIA RITATOON KELAS VII C MTs UNGGULAN NURUL QUR'AN SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

Rahmawati, Rizki (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SALAT SUNNAH MU'AKKAD DAN GHAIRU MU'AKKAD MELALUI METODE PRACTICE REHEARSAL PAIR DAN MEDIA RITATOON KELAS VII C MTs UNGGULAN NURUL QUR'AN SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
CETAK CD SKRIPSI_11zon (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Rizki. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Salat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad melalui metode Practice Rehearsal Pair dan Media Ritatoon Kelas VII C MTs Unggulan Nurul Qur’an Simo Boyolali Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar, Salat Sunnah Mu’akkad dan Ghairu Mu’akkad, Metode Practice Rehearsal Pair, Media Ritatoon. Tujuan penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan hasil belajar peserta didik dengan menggunkan metode Practice Rehearsal Pair dan Media Ritatoon dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi salat sunnah mu’akkad dan ghairu mu’akkad Kelas VII C MTs Unggulan Nurul Qur’an Simo Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunkan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan metode Practice Rehearsal Pair dan Media Ritatoon dalam pembelajaran pendidikan Islam materi salat sunnah mu’akkad dan ghairu mu’akkad. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas siswa dan guru dalam KBM berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang sudah dilakukan. Hasil penelitian dimulai dari nilai pra siklus, dilanjutkan siklus I sampai siklus II yaitu pada tahap pra siklus terdapat 45% atau 9 dari 20 siswa berhasil menyelesaikan tahap pra siklus. Kemudian sebanyak 13 siswa atau 65% dari 20 siswa telah menyelesaikan siklus I setelah dapat menggunakan Metode Practice Rehearsal Pair dan Media Ritatoon. Pada siklus II, 18 dari 20 siswa atau 90%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi salat sunnah mu’akkad dan ghairu mu’akkad siswa kelas VII C MTs Unggulan Nurul Qur’an Simo Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 19:30
Last Modified: 31 Oct 2023 19:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item