'AISYAH, SITI (2023) IMPLEMENTAI PENDIDIKAN PROFETIK DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU CENDEKIA KLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Siti 'Aisyah 23010190324.pdf Download (5MB) |
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU CENDEKIA KLATEN TAHUN AJARAN 2022-2023.pdf Download (5MB) |
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU CENDEKIA KLATEN TAHUN AJARAN 2022-2023.pdf Download (5MB) |
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU CENDEKIA KLATEN TAHUN AJARAN 2022-2023.pdf Download (5MB) |
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU CENDEKIA KLATEN TAHUN AJARAN 2022-2023.pdf Download (5MB) |
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU CENDEKIA KLATEN TAHUN AJARAN 2022-2023.pdf Download (5MB) |
Abstract
‘Aisyah, Siti, 2023. Implementasi Pendidikan Profetik dan Percaya Diri pada Siswa di SMP Islam Terpadu Cendekia Klaten Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Profetik, dan Percaya Diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan profetik pada siswa di SMP Islam Terpadu Cendekia Klaten Tahun Ajaran 2022/2023, (2) mendeskripsikan bagaimana implementasi percaya diri pada siswa di SMP Islam Terpadu Cendekia Klaten Tahun Ajaran 2022/2023, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan profetik dan percaya diri pada siswa di SMP Islam Terpadu Cendekia Klaten Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, guru PPKn, Guru BK, dan beberapa siswa di SMP Islam Terpadu Cendekia Klaten. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan profetik pada siswa di SMP Islam Terpadu Cendekia Klaten dilaksanakan melalui program Jum’at kareem, Bina Pribadi Islami (BPI), Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit), dan pembiasaan keagamaan. Sedangkan implementasi percaya diri pada siswa dilakukan melalui program muhadharah, ekstrakurikuler dan kegiatan pembelajaran. Faktor internal yang mendukung berupa motivasi dari dalam diri siswa dan pengalaman hidup, sedangkan faktor eksternalnya yaitu adanya dukungan dari sekolah dan orang tua. Adapun faktor internal yang menghambat pendidikan profetik adalah kesadaran diri siswa, sedangkan dalam percaya diri yaitu konsep diri, jenis kelamin, dan kondisi fisik. Faktor eksternal yang menghambat yaitu lingkungan hidup, sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia yang minim.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 19:45 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 19:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18868 |
Actions (login required)
View Item |