RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBACAAN SURAH AL- INSYIQAQ AYAT 1-4 SEBAGAI SUWUK UNTUK MELANCARKAN PERSALINAN ( Kajian Living Qur'an)

zakiyah, Madhakiyatuz (2023) RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBACAAN SURAH AL- INSYIQAQ AYAT 1-4 SEBAGAI SUWUK UNTUK MELANCARKAN PERSALINAN ( Kajian Living Qur'an). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Madhakiyatuz Zakiyah (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Madhakiyatuz Zakiyah (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Madhakiyatuz Zakiyah (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Madhakiyatuz Zakiyah (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Madhakiyatuz Zakiyah (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini hasil dari penelitian lapangan. Resepsi masyarakat muslim pada keberadaan al-Qur’an ini peneliti telah mengkaji tentang “Resepsi masyarakat terhadap pembacaaan surah Al-Insyiqaq ayat 1-4 sebagai suwuk untuk melancarkan persalinan ( kajian Living Qur’an ) mengungkapkan fenomena al-Qur’an yang ada di masyarakat dengan bertujuan untuk mengungkapkan pandangan terhadap al-Qur’an dengan melihat dari sudut pandangan masyarakat. Ada pun tujuan penelitian ini juga untuk memotivasi perempuan indonesia atau ibu yang melahirkan dengan ayat al-Qur’an dan bagaimana respon masyarakat terhadap praktek tersebut yang dilakukan di daerah di desa Jampirejo Kecamatan Temanggung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan mengunakan pendekatan sosiology, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya menggunakan metode analisis yang menggunkan analisis deskriftif-kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu yang pertama, di desa jampirejo ini al-Qur’an di praktekkan dan difungsikan sebagai penyembuhan penyakit. yakni dengan membaca surah Al-Insyiqaq ayat 1-4, Dengan menggunakan media segelas air, kemudian di bacakan surah Al-Insyiqaq ayat 1-4 , jika sampai ayat 4 kemudian dibacakan 3x, kemudian diminumkan sisanya di usapkan ke perut ibu. Yang ke-dua, Resepsi masyarakat di desa jampirejo terhadap pembacaan surah Al-Insyiqaq ayat 1-4 ialah pada ayat ke empat ini dibacakan 3 kali, Ada lagi respon dari ibu husni setelah dibacakan surah Al-Insyiqaq ibu malah tidak merasakan sakit pada saat bayi mau keluar, sang ibu malah berekspresi dengan senyum dan tidak kesakitan. Setelah melahirkan sampai rumah ibu ini langsung beraktivitas kembali seperti biasanya, memasak, merawat bayi, dan menyapu dan lain-lainya. jadi resepsi fungsional dalam pandangan masyarakat terhadap pembacaan surah al-Insyiqaq ayat 1-4 sebagai memperlancar persalinan, bahwa al-Qur’an sebagai kitab suci dan pedoman hidup akan tetapi juga sebagai ayat syifa’ dalam kehidupan. Kata Kunci : Al- Insyiqaq, Living Qur’an, Resepsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 20:21
Last Modified: 31 Oct 2023 20:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18870

Actions (login required)

View Item View Item