STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO RASIKA UNGARAN SALATIGA AMBARAWA (USA) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN

Ahdaningrum, Anas (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO RASIKA UNGARAN SALATIGA AMBARAWA (USA) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGIKLAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi_AnasAhdaningrum_43010190031.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_AnasAhdaningrum_43010190031.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_AnasAhdaningrum_43010190031.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_AnasAhdaningrum_43010190031.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_AnasAhdaningrum_43010190031.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ahdaningrum, Anas. 2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Rasika Ungaran Salatiga Ambarawa (USA) dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan. Skripsi, Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Ali Sofyan, M.A. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran; Three Ways Strategy; Iklan; Radio Rasika USA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Radio Rasika USA dalam meningkatkan jumlah pengiklan serta untuk mengetahui bagaimana hasil strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Radio Rasika USA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan direktur Radio Rasika USA, bagian keuangan Radio Rasika USA, serta pengiklan Radio Rasika USA. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen Radio Rasika USA. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Radio Rasika USA adalah dengan menerapkan Three Ways Strategy untuk meningkatkan jumlah pengiklan. Pertama Strategi menarik (pull strategy), yaitu dengan mengirimkan Company Profile dan surat penawaran kerjasama iklan, serta menjelaskan keuntungan beriklan di Radio Rasika USA. Kemudian pull strategy akan didukung oleh Strategi mendorong (push strategy), dimana para pengiklan akan diberi dorongan untuk terus beriklan di radio. Strategi ini dilakukan oleh Radio Rasika USA dengan memberikan harga atau tarif pemasangan iklan yang variatif yang disesuaikan dengan budget pengiklan. Selain itu Radio Rasika USA juga memberikan bonus berupa penambahan jam tayang iklan. Selanjutnya adalah strategi menjaga hubungan baik (pass strategy). Strategi ini dilakukan oleh Radio Rasika USA untuk memperoleh value di luar profit, yaitu menciptakan opini publik yang baik serta memperkuat relasi antara perusahaan dengan klien melalui komunikasi yang baik, bertanggung jawab dan menghormati kontrak iklan yang telah disepakati dengan klien, serta selalu berusaha memberikan program-program yang berkualitas untuk para pendengar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 20:24
Last Modified: 31 Oct 2023 20:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18871

Actions (login required)

View Item View Item