PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 NGOMBAK, KECAMATAN KEDUNGJATI, KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Anggraeni, Yesika (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 NGOMBAK, KECAMATAN KEDUNGJATI, KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YESIKA 11513091.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak : Anggraeni, Yesika, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Pembelajaran Example Non-Example Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Model Example Non-Example Penelitian ini membahas peningkatan hasil belajar siswa kelas IV tentang materi Perkembangan Teknologi melalui Model Example Non-Example. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:1. Apakah model pembelajaran Example Non-Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi kelas IV SDN 1 Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2017/2018? 2. Apakah model pembelajaran Example Non-Example dapat mencapai ketuntasan KKM kelas IV SDN 1 Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2017/2018? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melaui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi pre tes dan post test, lembar pengamatan dandokumentasi Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari Penelitian Tindakan Kelas terdapat peningkatan rata-rata nilai yang cukup signifikan antara pre test yaitu rata-rata evaluasi belajar 62,85. Siklus I mencapai rata-rata evaluasi belajar 71,85 dengan peningkatan yang terjadi 9. Siklus II mencapai rata-rata evaluasi belajar 84,28 dengan peningkatan 10,95. Bahwa hasil belajar secara klasikal pada siklus II memperoleh 90,47 % ≥ 85%. PTK ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2017 08:07
Last Modified: 03 Nov 2017 08:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item