PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MEMBUAT POSTER KONSEP SISTEM TATA SURYA UNTUK MEMINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2022/2023

Rojayana, Rika (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MEMBUAT POSTER KONSEP SISTEM TATA SURYA UNTUK MEMINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIKA ROJAYANA 23060190110 FIX 0.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rojayana, Rika.2023. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Membuat Poster Konsep Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 2 Ambarawa Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar, Project Based Learning: Membuat Poster Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi sistem tata surya pada siwa kelas VII B SMP N 2 Ambarawa tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Project Based membuat poster. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP N 2 Ambarawa. Jenis penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan menggunakan 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar soal tes pilihan ganda, lembar kerja peserta didik membuat poster, angket peserta didik, observasi peserta didik, observasi sikap peserta didik, observasi kinerja guru, dokumentasi, catatan lapangan. Dan hasil analisis yang telah dilakukan, jika nilai 80 dan indikator keberhasilan klasikal 85% maka penelitian berhenti dan dikatakan meningkat. Penelitian mi dilakukan di SMP N 2 Ambarawa dengan menggunakan 2 yang dimana setiap sikhisnya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning membuat poster, dilanjutkan presentasi antar kelompok dan di akhiri dengan tes pilihan ganda. Hasil data penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 71,61 dengan persentase ketuntasan 33,33%. Kemudian siklus II diperoleh rata-rata 88,33 dengan persentase 86,11%. data hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan model Project Based Learning membuat poster mampu meningkatkan hasil belajar siswa konsep sistem tata surya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 21:16
Last Modified: 31 Oct 2023 21:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item