STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMPERBAIKI CITRA BAIK PONDOK (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AT-THOHARI TUNTANG KABUPATEN SEMARANG)

Fadhiilah, Muhamad Rafli Farhan (2023) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMPERBAIKI CITRA BAIK PONDOK (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AT-THOHARI TUNTANG KABUPATEN SEMARANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SARAH ZHARIAH SKRIPSI FAKDAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
M. RALI FARHAN SKRIPSI FAKDAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
M. RALI FARHAN SKRIPSI FAKDAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Farhan, Rafli. 2023. Strategi Komunikasi Public Relations dalam Meningkatkan Citra Baik Pondok (Studi Kasus Pondok Pesantren At-Thohari Tuntang Kabupaten Semarang). Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya‟ban Maghfur, M.P.d.I. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Public Relations, dan Citra. Pondok pesantren memiliki citra yang baik dengan kekentalan pendidikan Islam. Banyak orang tua santri memasukan anaknya memang didasari oleh keinginan agar sang anak memiliki pemahaman agama yang baik dan mendalam. Namun, kenyataannya hal tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi. Terdapat beberapa kasus yang terjadi di pondok pesantren At-Thohari yang sangat bertolak belakang dengan ajaran agama Islam. Hal tersebut merenggut kepercayaan masyarakat. maka, public relations pondok pesantren At-Thohari segera melakukan eksekusi dan aksi untuk menutupi kasus tersebut dan membuat citra humas pondok pesantren At-Thohari meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi humas pondok pesantren At-Thohari dan memperdalam informasi tentang dampak dari strategi komunikasi yang digunakan humas pondok pesantren At-Thohari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh beberapa informan dan narasumber diantaranya yaitu: Kepala Sekolah SMP Plus At- Thohari, Pimpinan Humas Pondok Pesantren At-Thohari, dua wali santri, dua santri pondok pesantren At-Thohari dan masyarakat sekitar pondok pesantren. Data yang ditemukan dilapangan kemudian akan dianalisis dengan melewati tiga tahap yaitu: reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa public relations pondok pesantren At- Thohari menggunakan perencanaan strategi komunikasi dari Cutlip& Center yaitu 4 Tahap: Pencarian fakta, Perencanaan, Aksi dan Komunikasi, evaluasi. Dampak dari strategi ini ternyata berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat sekitar hal tersebut didukung oleh terdapat pula peningkatan pendaftaran santri baru disetiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 21:21
Last Modified: 31 Oct 2023 21:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18881

Actions (login required)

View Item View Item