IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DI KELAS II MI AL ISLAM BANDING KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ROFI'AH, KHOFIDHOTUR (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DI KELAS II MI AL ISLAM BANDING KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KHOFIDHOTUR ROFI'AH_23040170176.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khofidhotur Rofi‟ah. 2023. Implementasi Pembelajaran Membaca Berbasis Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas II MI Al Islam Banding, Kabupaten Semarang Tahun 2022/2023. Skripsi. Program Strudi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga.Pembimbing : Imam Mas Arum, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Implementasi, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran melmbaca belrbasis meltodel Struktural Analitik Sinteltik (SAS). 2) Untuk melngeltahui faktor pelndukung dalam implelmelntasi pelmbellajaran melmbaca belrbasis meltodel Struktural Analitik Sinteltik (SAS). 3) Untuk melngeltahui faktor pelnghambat dalam implelmelntasi pelmbellajaran melmbaca belrbasis meltodel Struktural Analitik Sinteltik (SAS) pada siswa kellas II MI Al Islam Banding. Pelnellitian ini melnggunakan pelndelkatan delskriptif kualitatif. Pelngumpulan data yang digunakan belrupa obselrvasi, wawancara dan dokumelntasi. Analisis data dalam kajian ini melliputi relduksi data, pelnyajian data dan pelnarikan kelsimpulan. Hasil pelnellitian melnunjukkan bahwa : 1)Implelmelntasi pelmbellajaran melmbaca belrbasis meltodel Struktural Analitik Sinteltik (SAS) di kellas II MI Al Islam Banding melliputi; (a) Tahap pelrelncanaan : Guru melmbuat relncana pellaksanaan pelmbellajaran, melnyiapkan matelri selrta meltodel dan meldia pelmbellajaran yang dibutuhkan selsuai delngan langkah-langkah yang ada di dalam pelrelncanaan pellaksanaan pelmbellajaran. (b) Tahap pellaksanaan : Guru mellaksanakan kelgiatan bellajar diselsuaikan delngan relncana pellaksanaan yang tellah dibuat, pelnyampaian aprelsiasi, melmbelrikan matelri selrta pellaksanaan dalam melnggunakan meltodel pelmbellajaran selhingga telrjalin intelrkasi antara guru dan siswa maka tujuan bellajar bisa di capai delngan hasil yang maksimal. (c) Tahap elvaluasi : Guru mellakukan elvaluasi atau pelnilaian telrkait pelncapaian tujuan pelmbellajaran selhingga dapat melneltukan selbarapa elfelktifkah meltodel yang digunakan dan selbelrapa belsar kelbelrhasilan yang tellah dicapai. 2) Faktor pelndukung dalam implelmelntasi meltodel Struktural Analitik Sinteltik (SAS) dalam pelmbellajaran melmbaca yaitu; (a) Pelnggunaan meltodel Struktural Analitik Sinteltik (SAS) tidak hanya di gunakan untuk matelri bahasa Indonelsia saja namun juga bisa digunakan untuk matelri yang lain, misalnya matelri PPKn, SBdP dan lain selbagainya. (b) Selkolah sudah melmbelrikan sarana prasana yang melndukung, guru yang sellalu melmotivasi siswa untuk sellalu gelmar melmbaca dan orang tua siswa juga ikut belrpartisipasi melmbelrikan selmangat kelpada anaknya, walaupun tidak selmua orang tua ikut belrpartisipasi dalam prosels bellajar anaknya. 3) Seldangkan faktor pelnghambat implelmelntasi meltodel Struktural Analitik Sinteltik (SAS) adalah; (a) Keltidaksiapan selorang guru selcara 100% dalam melmpelrsiapkan implelmelntasi meltodel Struktural Analitik Sinteltik (SAS) selhingga dalam pelncapaian tujuan pelmbellajaran tidak telrcapai selcara maksimal. (b) Sulitnya melngkondisikan siswa saat pelmbellajaran disiang hari yang mana siswa sudah mulai hilang konselntrasi, rasa lellah, bosan dan melngantuk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 21:40
Last Modified: 31 Oct 2023 21:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18884

Actions (login required)

View Item View Item