Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Religiusitas Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi

Aysah, Siti Nur (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Religiusitas Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Siti Nur Aysah_63030190025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Siti Nur Aysah_63030190025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Siti Nur Aysah_63030190025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi_Siti Nur Aysah_63030190025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh masih kurang stabilnya tingkat kepatuhan dalam membayar pajak kendaraan bermotor di kabupaten Boyolali. Tujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Kesadaran Wajib pajak, dan Religiositas Wajib Pajak terhada kepatuhan wajib pajak dengan sanksi pajak sebagai variabel moderasi di Kantor SAMSAT Kabupaten Boyolali. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini adalah dengan rumus convenience sampling sedangkan data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Banyaknya sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan pajak tidak dapat memberikan pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, 2) Kesadaran wajib pajak memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, 3) Religiositas pajak memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, 4) Sanksi perpajakan secara statistik mampu memoderasi hubungan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, 5) Sanksi pajak secara statistik mampu memoderasi hubungan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, 6) Sanksi pajak secara statistik mampu memoderasi hubungan Religiositas wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini memiliki keterbatasan, yaitu hanya melakukan penelitian satu periode saja yaitu tahun pajak 2021. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Religiositas, Kepatuhan Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2023 22:16
Last Modified: 31 Oct 2023 22:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item View Item